• Breaking News

    Sebuah Karya, Dari Hasta, Dari Jiwa, Sebentuk Aksara.

    Rabu, 23 Desember 2015

    Perulangan


    Perulangan while

    Pernyataan while berguna untuk melakukan proses perulangan untuk sebuah kondisi, selama kondisi tersebut bernilai benar (true), maka perulangan akan terus berjalan, dan terhenti ketika kondisi bernilai salah (false). Berikut ini contoh code perulangan while:

    int jumlah = 1; 
    while(jumlah <= 10){
    System.out.println(jumlah);
    jumlah++;
    }  


    Perulangan do-while

    Perulangan do-while merupakan perulangan yang hampir mirip dengan perulangan while namun perbedaannya, pada perulangan do-while, maka minimal instruksi akan dijalankan sekali. Berikut ini contoh code perulangan do-while: 
    int jumlah = 100; 
    do{
    System.out.println(jumlah);
    jumlah++;
    }while(jumlah <= 10);  


    Jika program tersebut dijalankan, maka akan menghasilkan keluaran 100, artinya walaupun kondisi salah, namun minimal isi instruksi akan dijalankan sekali, hal ini dikarenakan proses do-while berbeda dengan while, dimana do-while pertama melakukan instruksi baru mengecek kondisi, sedangkan while pertama mengecek kondisi baru melakukan instruksi.


    Perulangan for

    Perulangan for merupakan perulangan yang memiliki variabel untuk melakukan pengkondisian, berbeda dengan while dan do-while yang kita harus membuat sebuah variabel diluar untuk melakukan penkondisian, pada perulangan for, ditempatkan sebuah blok untuk membuat variabel dan melakukan proses pengkondisian. Berikut ini contoh code perulangan for:

    for(int i = 1; i <= 100; i++){
    System.out.println(i);
    }  


    Perintah break

    Perintah break merupakan perintah yang dapat digunakan untuk menghentikan proses perulangan, misal jika kita membuat program seperti berikut : 

    for(int i = 1; i <= 100; i++){
    System.out.println(i);
    if(i == 50){
    break;
    }
    }  
    Maka program hanya akan menampilkan angka dari 1 sampai 50, karena pada saat i mencapai 50, program dihentikan oleh perintah break.


    Perintah continue

    Perintah continue dapat digunakan untuk meloncati sebuah perulangan, maksudnya adalah instruksi yang seharusnya dapat dilewat, hal ini berarti instrukti tidak akan dijalankan. Misal.

    for(int i = 1; i <= 100; i++){
    if(i % 2 == 0){
    continue;
    }

    System.out.println(i); 

    Tidak ada komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel